Followers

Silahkan masuk khan email anda

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

DARIMANA-KAH ASALNYA API .....?

"Mungkinkah api itu, benar-benar ber-asal dari Neraka ? " ....."Mungkinkah api memang sudah ada, sebelum bumi ini terbentuk ?" ... "Ataukah Api itu hanya merupakan akibat ,dari suatu reaksi kimiawi yang dilakukan oleh alam !"...." Ataukah api itu adalah suatu energi yang memang sudah tercipta dan tidak dapat musnah, slalu kekal abadi...?



yang saya tahu api itu terjadi karena suatu gesekan dan gesekan itu menyebabkan panas, karena gesekan yang panas itulah kemudian muncul-lah api,.....sifat api itu panas dan akan membakar apapun, karena memang sifatnya yang tak terkendali

Penemuan cara membuat api merupakan salah satu hal yang paling berguna bagi manusia, karena dengan api, golongan manusia purba itu dapat aman dari hewan buas, memasak makanan, dan mendapat sumber cahaya serta menjaga dirinya agar tetap hangat.

asal usul api

Diriwayatkan bahwa Rasululallah SAW pernah menceritakan asal usul kejadian api di dunia ini. Setelah nabi adam diturunkan ke dunia karena kesalahanya, memakan buah yang dilarang oleh Allah swt..... "maka allah swt memerintahkan Jibril as supaya mengambil api dari neraka, untuk dibawa ke dunia , untuk keperluan nabi adam as. Maka jibril as pun diperintahkan, untuk meminta api tersebut kepada malaikat penjaga api neraka yaitu "...Zabaniah...."

jibril :
wahai zabaniah,aku diperintah utk mengambil sedikit api neraka utk dibawa ke dunia
untuk keperluan adam as.

zabaniah :
seperti apa sedikit itu ?


jibril :
sebesar kurma.


zabaniah :
kalau sebesar buah kurma "api neraka" itu engkau bawa, " ! niscaya akan cairlah tujuh lapis
langit dan tujuh lapis bumi akibat panas-nya.

jibril :
kalau begitu berilah aku separuhnya saja dari kurma itu...


zabaniah :
kalau separuhnya saja dari kurma itu kuberikan dan api neraka ini engkau letakan
di-dunia, " niscaya tidak akan turun setetes air hujan dari langit dan tidak ada satu-pun tumbuhan akan tumbuh di bumi nanti..

melihat keadaan yang rumit itu maka jibril as pun menghadap Allah untk mendapatkan petunjuk lagi, lalu Allah swt pun memerintahkan supaya jibril mengambil sebesar debu saja dari api neraka utk di bawa ke dunia....

Maka jibril as pun mengambil api neraka sebesar debu
dari malaikat penjaga api neraka [ zabaniah ] tetapi karna terlalu sangat amat panas api neraka itu, terpaksa didingin-khan dgn mencelupnya sebanyak 70 kali kedalam sungai di syurga dan sebanyak 70 sungai lainnya didalam surga. = 70 x 70

Selepas itu jibril as pun membawa api neraka itu
turun ke dunia dan diletakan diatas sebuah bukit yg tinggi.

tetapi setelah beberapa saat diletakan,
"...tiba-tiba bukit itu terus meleleh cair maka cepat-cepat jibril mengambil lagi api neraka tersebut dan dibawa lagi ke neraka.

Hanya sisa-sisanya sajalah dari pecahan api
neraka yg sebesar debu tersebut yang terdapat didunia ini seperti api yg sering kita gunakan utk berbegai keperluan dan juga api yg terdapat di gunung berapi dan lain lain untuk lebih jelasnya baca disini

sebenarnya api itu apa sih ?
Api itu hanyalah gas yang panas, cahaya dan panasnya ada karena ada reaksi kimia tapi kalo cukup panas, api bisa jadi plasma, yaitu gas yang terionisasi, ilmuwan sering mengelompokkan plasma sebagai keadaan benda ke 4 selain zat cair, gas dan zat padat.

Definisi dari Api menurut National Fire Protection Association (NFPA) adalah suatu massa zat yang sedang berpijar yang dihasilkan dalam proses kimia oksidasi yang berlangsung dengan cepat dan di sertai pelepasan energi/panasTimbulnya api ini sendiri disebabkan oleh adanya sumber panas yang berasal dari berbagai bentuk energi yang dapat menjadi sumber penyulutan dalam segitiga api.

Contoh sumber panas:

* Bunga api listrik dan busur listrik
* Listrik statis
* Reaksi Kimia
* Gesekan (friction)
* Pemadatan (compression)
* Api terbuka (Open Flame)
* Pembakaran Spontan (spontaneous combustion)
* Petir (Lightning)
* Sinar matahari

Pada dasarnya api sendiri terdiri dari 3 unsur dasar yang saling terikat satu dengan yang lain yang disebut sebagai segitiga api atau fire triangle, yaitu:

* Panas
* Oksigen
* Bahan bakar

Dan dengan ditambahnya reaksi kimia berantai yang terjadi antara ketiga unsur tersebut, maka terjadilah api yang menyala.untuk lebih jelasnya baca disini

bagaimana cara memadamkan api ?
Unsur pertama oksigen. Udara di sekitar kita ini mengandung oksigen, yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Jadi, oksigen tidak mungkin dihilangkan. Oksigen hanya bisa dipisahkan dari ketiga unsur api.

Unsur kedua adalah bahan bakar. Bahan bakar bisa dihilangkan. Demikian juga
unsur panas. Bagaimana caranya ? Salah satu caranya, ya diguyur air Jika kita mengguyur api dengan air, apa yang terjadi ?

Pertama-tama suhu panas, salah satu unsur
segitiga api akan hilang dan menjadi dingin. Kemudian yang kedua, sebagian air yang dipergunakan untuk mengguyur akan menguap menjadi uap air. Nah, uap air inilah yang akan memisahkan api dari oksigen. Karena dua hal dari segitiga api, yaitu panas dan oksigen, tidak ada, padamlah api.

Satu unsur hilang saja padam. apalagi dua
Namun, tidak semua api bisa dipadamkan dengan air. Cara memadamkan api dengan air ini hanya bisa dilakukan apabila bahan bakarnya berupa kayu, kain, plastik, atau kertas.

Kalau api merupakan
hasil percikan listrik atau ada unsur minyak tanah, atau bensin, maka tidak bisa dipadamkan dengan air. Mengguyurkan air pada api akibat percikan listrik sangat berbahaya, karena air adalah penghantar listrik. Si pengguyur bisa tersengat aliran listrik. Jika terjadi kebakaran akibat listrik, hal pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan terlebih dahulu aliran listrik. Setelah yakin tidak aliran listrik baru bisa dipadamkan dengan air.

Bagaimana dengan minyak, atau bensin ? Karena berat jenis minyak atau bensin lebih kecil dibandingkan dengan air, maka ketika diguyur air, minyak atau bensin akan mengambang di atas air. Karena itu, minyak atau bensin itu tetap berhubungan dengan oksigen. Alhasil, api akan tetap menyala. Untuk memadamkan api jenis ini dibutuhkan pemadam kimia, yang biasanya berbentuk busa, atau zat karbondioksida.untuk lebih jelasnya baca disini

Energi tidak dapat disebut sebagai materi karena : energi memang terlihat memiliki wujud, namun energi tidak memiliki massa, jadi energi bukan materi.

Api adalah wujud energi kalor/panas yang meluap keluar dari materi akibat energi yang diterima oleh materi tersebut melebihi kapasitas maksimal yang dapat ditahan oleh materi tersebut.

Api memancarkan cahaya yang merupakan tanda tingkat energi dan panasnya. Kalau tidak salah paling
awal merah, kuning, biru, hijau, ungu dan yang terakhir putih.

"....Dari segala penjelasan diatas,.... sepertinya ,"...penjelasan tentang api masih berubah ubah..?

test123

ini-bukan-sekedar-tentang-uang

postingan-ulang-yang-udah-rapi

stop-dreaming-start-action-dengan

darimana-kah-asalnya-api

stop-dreaming-start-action

arti-sebuah-kesetiaan-dalam-menjalani-sebuah-hubungan

menghadapi-penyakit-yang-menghalangi-langkah-anda

tehnik-menghadapi-kritik-orang-lain

apakah-anda-sudah-menjadi-seseorang

mulailah-darimana-anda-berpijak

mindset-and-system

lakukan-dan-lakukan-saja

hidup-adalah-tentang-belajar

melihat-masa-depan-dengan-kecepatan-cahaya

tahukah-andabagaimana-rasanya-ketika-roh-dicabut

tentang-flu-babi

3-unsur-dalam-sebuah-cinta

8-daerah-didalam-alam-jiwa-manusia

penderitaan-itu-bukan-akhir-dari-segalanya

cara-mengatasi-hati-yang-sedang-gelisah



rahasia-kesaktian-orang-orang-tempo-dulu

seorang-profesor-dari-sebuah

yaa-permennya-lupa-dimakan

begitu-banyak-peristiwa-yang-terjadi

jangan-pernah-berkata-selamat-tinggal

pesan-orang-tua-renta

hanya-satu-kata

penasaran

kisah-nyata-pacaran-dgn-hantu

pesan-terakhir-sebelum-bunuh-diri


26 comments:

Lala said...

Hihihi fotonya lucu...
Blom pernah kentut keluar api, bisa berabe kalo kentut api...

kenyo said...

wah ternyata ada hikmah dari api itu...

kenyo said...

bio solarx...

wah ternyata ada hikmah dibalik api...

kenyo said...

wah ada hikmah dibalik api...

kenyo said...

wah ada hikmah dibalik api...

priandhani said...

wuih, lumayan lengkap...
btw, haditsnya riwayat siapa, tuh?

Ayas Tasli Wiguna said...

lam nal ^^
bagus t infonya :)

Ariyanti said...

Weeeeww.. Postingan yg keren...! Gak pernah kepikiran bikin postingan kayak gini... Great! :)

embun777 said...

ho..hooo.. keren kentutnya...
awas...apiii.... kabuuurr...!!!

ANGGA CHEN said...

wah lupa ditulis tapi bisa dilihat di
http://razymuslim.21.forumer.com

thanks ya...priandhani

ANGGA CHEN said...

masak sih bukannya aryanti orang yang tak pernah kehabisan ide

ANGGA CHEN said...

loh embun ..kok kabur...katanya kedinginan mau di kentutin...wakakak...! thanks

ANGGA CHEN said...

ok ayas thanks ya

ANGGA CHEN said...

ooh...silahkan difikir khan sendiri deh kenyo....wakakak..! thanks ya

ANGGA CHEN said...

wakakak...lala bisa aja nih....thanks ya

Cinema bioskop said...

Tulisan menarik dan kreatif tentang Api.
Terima kasih banyak karena saya mendapatkan wawasan baru dari artikel di atas.

Dan terima kasih karena telah berkunjung ke blog saya.

Freya said...

iiiiiiih aku suka fotonya...lucunyaaaaa

mawi wijna said...

Yang jelas dari apilah awal mula ilmu manusia berkembang...

Remba said...

iiiiiiih aku suka fotonya...lucunyaaaaa

Remba said...

iiiiiiih aku suka fotonya...lucunyaaaaa

ANGGA CHEN said...

ok cinema sama sama ya...thanks

ANGGA CHEN said...

itu bukan photo aku loh...freya..! karena kentutku nggak keluar api...tapi keluar aroma minyak wangi...wakakak..! thanks ya

ANGGA CHEN said...

mungkin bisa juga begitu mawi...thanks ya

ANGGA CHEN said...

remba...masak photo orang kentut lucu sih..wakakak ! thanks

Juliawan said...

wkakawkwakk bisa kayak gt gambarnya hehehe keren bro salam kenal ya :)

ANGGA CHEN said...

ok juliawan thanks ya

Post a Comment

komentar

fan's of arh global radio 88.4 fm